Implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2012 Tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan (Studi pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rokan Hulu)

Eridawati, Eridawati (2017) Implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2012 Tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan (Studi pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rokan Hulu). Masters thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2012 tentang Sertifikasi Guru Dalam Jabatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rokan Hulu dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh Disdikpora Kabupaten Rokan Hulu dalam mengimplementasikan program tersebut. Indikator untuk mengetahui tujuan penelitian tersebut yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur organisasi. Tipe penelitian yang berlokasi di Kabupaten Rokan Hulu menggunakan tipe deskriptif dan metode pendekatan kuantitatif yang didukung oleh metode kualitatif. Ada dua jenis data yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu data primer dikumpulkan dengan teknik kuissioner dan wawancara serta data sekunder dikumpulkan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini bervariatif terdiri dari Kepala Dinas dan Sekretaris Disdikpora serta guru Sekolah Menengah Atas, adapun teknik penarikan yang digunakan yaitu teknik sensus dan purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini bersifat deduktif, data informasi yang dikumpulkan melalui teknik pengumpulan data akan dideskripsikan sesuai dengan kondisi faktual dilapangan secara objektif. Berdasarkan teknik analisis tersebut maka hasil penelitian, indakator komunikasi rata-rata penilaian responden berada pada ordinal cukup baik yaitu sebesar 51%, indikator Sumber Daya rata-rata responden tertinggi memberikan penilaian cukup baik yaitu sebesar 47%, sedangkan indikator disposisi rata-rata responden tertinggi memberikan penilaian cukup baik yaitu 51% dan indikator struktur birokrasi memberikan penilaian cukup baik yaitu 51% dengan demikian, peneliti menyimpulkan hasil penelitian implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2012 tentang Sertifikasi Guru Dalam Jabatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rokan Hulu terlaksana “cukup baik”. Akan tetapi masih terdapat beberapa hambatan yang dialami Disdikpora terutama masalah regulasi yang selalu mengalami perubahan setiap tahunnya, minimnya Sumber Daya Manusia yang memahami informasi teknologi dan seringnya terjadi gangguan jaringan internet. Sedangkan rekomendasi dari peneliti yang perlu dipertimbangkan yaitu kepada pemerintah agar lebih menyederhanakan persyaratan, mekanisme dan standar program sertifikasi guru. Kepada pemerintah daerah agar memberikan tunjangan sertifikasi guru sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan, Publik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: > Ilmu Pemerintahan S.2
> Ilmu Pemerintahan S.2
Depositing User: T Ida Adriani
Date Deposited: 27 Dec 2021 02:27
Last Modified: 27 Dec 2021 02:27
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/5160

Actions (login required)

View Item View Item