Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya (Menciptakan Lagu Bebas Dengan Menggunakan Media Midi/Sibelius) Melalui Pendekatan Inquiry Pada Siswa Kelas XII IPA 5 di SMA Negeri 5 Pekanbaru

Anggraini, Yunita (2018) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya (Menciptakan Lagu Bebas Dengan Menggunakan Media Midi/Sibelius) Melalui Pendekatan Inquiry Pada Siswa Kelas XII IPA 5 di SMA Negeri 5 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (457kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam menciptakan lagu bebas dengan menggunakan media midi sibelius melalui metode Inquiry. Dengan metode Inquiry dan media sibelius ini siswa lebih memacu pemahaman dalam setiap materi yang disampaikan. Penelitian ini merupakan penilitan tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif ini dilakukan dua siklus. Siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan, sedangkan siklus II 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 5 di SMAN 5 Pekanbaru yang berjumlah 40 orang, yang terdiri dari siswa laki-laki 15 orang dan 25 siswa perempuan. Prosedur penelitian yang dilaksanakan dalam empat langkah utama yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. pengamatan dilakukan oleh guru seni budaya yang mengamati siswa. Berdasarkan analisis data penulis maka dapat disimpulkanbahwa adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam melakukan proses belajar mengajar yang dilaksanakan di kelas dengan menggunakan metode Inquiry . Sebagaimana pemahaman siswa mengalami peningkatan dari sebelum melakukan PTK yaitu mencapai ketuntasan klasikal pada siklus I tingkatan awal menjadi 58% kemudian kembali meningkat pada siklus II dengan metode Inquiry ketuntasan klasikal mencapai 100% atau dapat dikatakan pembelajaran tuntas dengan ketercapaian dalam ketuntasan di atas KKM 82. Dapat dilihat di siklus II bahwa kelas XII IPA 5 mendapatkan motivasi yang baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Media Midi, metode Inquiry
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 21 Dec 2021 07:49
Last Modified: 21 Dec 2021 07:49
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/5116

Actions (login required)

View Item View Item