Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII C SMPN 02 Logas Tanah Darat

Lestari, Fajar Ayu (2018) Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII C SMPN 02 Logas Tanah Darat. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
D. ABSTRAK.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
C. KATA PENGANTAR skripsi.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
B. DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E. BAB I.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F. BAB II.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G. BAB III.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text
H. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB) | Request a copy
[img] Text
I. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
J. DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama islam di kelas VIII C SMPN 02 Logas Tanah Darat. Salah satu penyebab dari rendahnya hasil belajar di kelas ini adalah pengguaan metode atau strategi pembelajaran ceramah. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar secara klasikal yang baru mencapai 54,5% yang mana seharusnya mencapai 85%. Strategi pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) merupakan salah satu faktor pendukung dalam peningkatan hasil belajar peserta didik dalam suatu proses belajar mengajar. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar setelah diterapkan strategi pembelajaran kontekstual dalam proses belajar mengajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi pembelajaran kontekstual (Cotextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama islam di kelas VIII C SMPN 02 Logas Tanah Darat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) yang tepat dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama islam di kelas VIII C SMPN 02 Logas Tanah Darat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui analisis data yang diperoleh dari lapangan dapat diketahui bahwa hasil belajar peserta didik sebelum dilakukan tinndakan berada pada kategori sangat rendah dilihat dari ketuntasan belajar secara klasikal yang baru mencapai 54,5% yang mana seharusnya ketuntasan klasikal ini mencapai 85%. Setelah penerapan strategi pembelajaran kontekstual pada siklus I hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yakni berada pada kategori sedang dengan persentase 81,8%. Kemudian peneliti melanjutkan penelitian pada siklus II, pada siklus II ini hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan pada kategori tinggi dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 86,3%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama islam di kelas VIII C SMPN 2 Logas Tanah Darat termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 86,3%

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran kontekstual dan Hasil belajar Peserta Didik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
> Pendidikan Agama Islam
Depositing User: T Ida Adriani
Date Deposited: 22 Dec 2021 02:50
Last Modified: 22 Dec 2021 02:50
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/5109

Actions (login required)

View Item View Item