Wulandari, Wulandari (2018) Pembelajaran Seni Musik (Pianika) di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kampar Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (186kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (159kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketidak mampuan siswa dalam mempraktekan bermain musik dengan baik dan benar sesuai dengan yang diajarkan oleh guru serta rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pembelajaran seni musik (pianika) di kelas VIII SMP N 1 Kampar Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan Penelitian deskriptif kualitatif merupakan pendekatan penelitian yang memerlukan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh berhubungan dengan objek yang diteliti bagi menjawab permasalahan untuk mendapatkan data-data kemudian dianalisis dan mendapat kesimpulan penelitian dalam situasi dan kondisi tertentu. Berdasarkan analisis data penulis tentang pembelajaran seni musik (pianika) dikelas VIII SMP Negeri 1 Kampar tahun ajaran 2018/2019 dapat dikemukakan simpulan bahwa berdasarkan pembelajaran seni musik (pianika) dikelas VIII SMPN 1 Kampar yang dilaksanakan oleh guru sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran menggunakan teori Wina Sanjaya (2008:73), maka dapat dikatakan bahwa setiap kegiatan yang dijalankan terlaksana dengan baik, hal ini terbukti dari hasil penelitian bahwa pembelajaran seni musik pianika yang dilakukan oleh guru telah sesuai dengan pembelajaran seni musik yang berlandaskan dengan kurikulum KTSP, dengan kegiatan pembelajaran yang berpatokan dengan silabus dan RPP maka hasi belajar siswa juga sesuai dengan yang dharapkan, sebagaimana kemampuan siswa dalam memainkan musik pianika baik secara kognitif, afektif dan psikomotor telah menunjukan hasil yang memuaskan dan tuntas dalam belajarnya sebagaimana dari segi kognitif secara rata-rata kemampuan siswa mencapai tergolong baik, sedangkan segi aspek afektif mencapai kriteria sangat baik dan dari segi aspek psikomotor yakni mencapai mampu dengan mempraktekan dengan baik, dari hasil belajar siswa menunjukan telah mencapai ketuntasan, dengan hasil ini menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran seni musik pianika telah sesuai dan tepat yang dilakukan oleh guru dan dengan demikian kegiatan pembelajaran ini dapat dinyatakan berhasil.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Seni Musik, Musik Pianika |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | > Pendidikan Sendratasik |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 08:44 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 08:44 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/5087 |
Actions (login required)
View Item |