Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunkasi Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Bidang Studi PAI di SMKN 1 Rupat Utara, Kecamatan Rupat Utara

Sulwana, Siti (2018) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunkasi Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Bidang Studi PAI di SMKN 1 Rupat Utara, Kecamatan Rupat Utara. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 kata pengantar.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 DAFTAR ISI.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (511kB) | Preview
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada permasalahan keaktifan belajar siswa yang rendah. Sedangkan keaktifan merupakan aspek penting dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa, guru hendaknya menggunakan metode pembelajaran yang tepat diantaranya yaitu dengan penggunaan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran akan memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan bervariasi, menciptakan situasi belajar yang menyenangkan dan tidak mudah dilupakan dan menjadikan belajar lebih efektif, dan bermakna. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti membuat penelitian tentang pengaruh media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap keaktifan belajar siswa. Dari hal tersebut timbul permasalahan bagaimana pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Keaktifan Belajar siswa di SMKN 1 Rupat Utara, kecamatan Rupat Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Keaktifan Belajar di SMKN 1 Rupat Utara, kecamatan Rupat Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subyeknya adalah siswa SMKN 1 Rupat Utara dan obyeknya adalah Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 30 orang dan sekaligus di jadikan sampel. Teknik pengambilan data dalam penelitian dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dapat diketahui bahwa ada pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMKN 1 Rupat Utara. Hal ini sejalan dengan hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, maka hipotesis penelitian diterima. Terdapat Pengaruh antara Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Keaktifan Belajar. Tingginya tingkat pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Keaktifan Belajar Siswa dapat dilihat dari nilai probabilitas pearson correlation yaitu sebesar 0,564 pada interval koefisien korelasi terletak pada rentang 0,40-0,599 dan kriteria tingkat pengaruh sedang antara Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMKN 1 Rupat Utara.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar, Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
> Pendidikan Agama Islam
Depositing User: T Ida Adriani
Date Deposited: 16 Dec 2021 08:43
Last Modified: 16 Dec 2021 08:43
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/5083

Actions (login required)

View Item View Item