Rismayanti, Rika (2018) Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Drill dalam Pembelajaran Elemen Gerak Tari Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas Vii SMP Negeri 1 Tebing Tinggi Timur. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (251kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (164kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberhasilan seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar yang ditentukan oleh pemilihan metode belajar mengajar, metode yang sesuai pada materi elemen gerak tari ini adalah metode drill. Dari pra riset yang penulis lakukan, penulis dapat melihat kemampuan kelas VII dalam melakukan elemen gerak dasar tari di SMP Negeri 1 Tebing Tinggi Timur. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakan peningkatan kemampuan belajar siswa dengan menggunakan metode drill dalam pembelajaran elemen gerak tari mata pelajaran seni budaya kelas VII SMP Negeri 1 Tebing Tinggi Timur. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu penelitian yang dilakukan oleh guru atau peneliti untuk menggali permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran serta bagaimana usulan untuk mengatasi masalah didalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui, memahami dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan belajar siswa dengan menggunakan metode drill dalam pembelajaran elemen gerak tari mata pelajaran seni budaya. Hasil dari penelitian yang peneliti lakukan bahwa kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tebing Tinggi Timur dalam melakukan gerak tari masih kurang, dengan rata-rata 66,14 siswa memperoleh nilai kategori kurang dikarenakan guru seni budaya tidaklah pada jurusannya. Permasalahan lainnya adalah keterbatasan perlengkapan media tari yang dimiliki sekolah. Sebagai akibat permasalahan tersebut, siswa tidak leluasa melatih diri dalam melakukan gerak tari karena masih kurangnya pemahaman mengenai seni tari.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Kemampuan, Metode Drill |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | > Pendidikan Sendratasik |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 09:16 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 09:16 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/5006 |
Actions (login required)
View Item |