Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Drill dalam Pembelajaran Elemen Gerak Tari Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas Vii SMP Negeri 1 Tebing Tinggi Timur

Rismayanti, Rika (2018) Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Drill dalam Pembelajaran Elemen Gerak Tari Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas Vii SMP Negeri 1 Tebing Tinggi Timur. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberhasilan seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar yang ditentukan oleh pemilihan metode belajar mengajar, metode yang sesuai pada materi elemen gerak tari ini adalah metode drill. Dari pra riset yang penulis lakukan, penulis dapat melihat kemampuan kelas VII dalam melakukan elemen gerak dasar tari di SMP Negeri 1 Tebing Tinggi Timur. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakan peningkatan kemampuan belajar siswa dengan menggunakan metode drill dalam pembelajaran elemen gerak tari mata pelajaran seni budaya kelas VII SMP Negeri 1 Tebing Tinggi Timur. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu penelitian yang dilakukan oleh guru atau peneliti untuk menggali permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran serta bagaimana usulan untuk mengatasi masalah didalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui, memahami dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan belajar siswa dengan menggunakan metode drill dalam pembelajaran elemen gerak tari mata pelajaran seni budaya. Hasil dari penelitian yang peneliti lakukan bahwa kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tebing Tinggi Timur dalam melakukan gerak tari masih kurang, dengan rata-rata 66,14 siswa memperoleh nilai kategori kurang dikarenakan guru seni budaya tidaklah pada jurusannya. Permasalahan lainnya adalah keterbatasan perlengkapan media tari yang dimiliki sekolah. Sebagai akibat permasalahan tersebut, siswa tidak leluasa melatih diri dalam melakukan gerak tari karena masih kurangnya pemahaman mengenai seni tari.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kemampuan, Metode Drill
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 15 Dec 2021 09:16
Last Modified: 15 Dec 2021 09:16
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/5006

Actions (login required)

View Item View Item