Peningkatan Hasil Belajar Siswa Seni Budaya (Tari Mak Inang Pulau Kampai) Melalui Metode Drill Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 10 Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Miranda, Rheyka Intania (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Seni Budaya (Tari Mak Inang Pulau Kampai) Melalui Metode Drill Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 10 Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Seni Budaya (Tari Mak Inang Pulau Kampai) Melalui Metode Drill Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 10 Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbentuk deskriptif kuantitatif yaitu mengamati dan meningkatkan hasil kemampuan dan proses belajar mengajar di kelas. Berdasarkan penelitian ini, data akan diambil bersamaan dengan mulainya proses belajar mengajar Seni Budaya di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 10 Kota Pekanbaru Provinsi Riau pada semester genap. Data diambil melalui dua siklus yaitu selama dua bulan. Data diambil dimulai dari bulan Januari sampai dengan bulan Februari tahun 2018 yaitu Peningkatan Hasil Belajar Siswa Seni Budaya (Tari Mak Inang Pulau Kampai). Pada saat tes awal hasil belajar terdapat 4 siswa yang tuntas dengan persentase 10,25 % dan saat tes awal 35 orang siswa yang tidak tuntas. Kemudian hasil siklus I pada hasil belajar terdapat 13 siswa yang tuntas dengan persentase klasikal 33,33% dan pada hasil belajar berdasarkan aspek wiraga, wirama dan wirasa nilai rata-rata wirasa yang tertinggi. 13 orang siswa yang dinyatakan tuntas karena KKM di sekolah tersebut adalah 79. Selanjutnya pada hasil siklus II terdapat pada hasil belajar yang meningkat yakni 35 siswa yang tuntas 4 orang siswa yang tidak tuntas. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode drill pada pembelajaran seni budaya tari dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 10 Kota Pekanbaru Provinsi Riau.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: metode Drill, hasil belajar
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 15 Dec 2021 09:15
Last Modified: 15 Dec 2021 09:15
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/5003

Actions (login required)

View Item View Item