Pembinaan Tari Melalui Ekstrakurikuler di MAN 3 Kampar Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar Provinsi Riau

Noviandi, Pamil (2018) Pembinaan Tari Melalui Ekstrakurikuler di MAN 3 Kampar Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Pembinaan tari melalui ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan kemampuan dan minat siswa, yang dilaksanakan diluar jam pelajaran sekolah. Dalam kegiatan ekstrakurikuler perlu bimbingan dan arahan dalam pelaksanaannya dan wajib bagi semua pihak sekolah, guru, dan orang tua, dapat memberikan dorongan semangat dan mitivasi bak secara moral maupun maupun secara material. Pembinaan kegiatan ekstrakurikuler yang baik ditandai oleh adanya perubahan dan pembaharuan. Berbagai macam jenis ekstrakurikuler yang dapat diikuti dan diminati oleh siswa, salah satunya ekstrakurikuler tari. Ekstrakurikuler ini merupakan kegiatan yang mengacu kepada gerak tubuh, adanya sekelompok siswa yang menari secara bersama dengan menggunakan pola yang telah ditentukan. Rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah pembinaan tari persembahan melalui ekstrakurikuler di MAN 3 Kampar. Dalam melalukan pembinaan tari melalui ekstrakurikuler di MAN 3 Kampar, harus mengkaji tentang perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembinaan tari persembahan, dimana seorang pembina harus bisa merencanakan, membimbing, serta mengevaluasi, dalam proses pembinaan tari persembahan melalui ekstrakurikuler di MAN 3 Kampar. Pembina sangat berperan penting dalam proses pembinaan tari melalui ekstrakurikuler ini, karena dapat membimbing serta memotivasi siswa untuk meningkatkan kreatifitas dan prestasi yang akan dicapai. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan data kualitatif alasan karena metode ini melibatkan secara langsung objek yang diteliti. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 9 orang diantaranya 7 orang siswa, 1 orang pembina dan 1 orang peneliti. Tujuan diadakan ekstrakurikuler adalah untuk mengasah kreatifitas siswa, menggali minat bakat mereka untuk menjadikan mereka lebih terampil dalam bidang tari. Materi pembinaan tari persembahan melalui ekstrakurikuler di MAN 3 Kampar. Metode yang digunakan pembina adalah metode ceramah dan praktek. Sarana dan prasarana di MAN 3 Kampar adalah ruang kelas, laptop, dan speaker. Penelitian langsung waktu proses latihan, penilaian langsung diberikan secara kualitatif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Tari melalui Ekstrakurikuler
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 14 Dec 2021 03:30
Last Modified: 14 Dec 2021 03:30
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4971

Actions (login required)

View Item View Item