Rahmasafitri, Nushinta (2018) Pembinaan Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Mak Inang Di SMA Negeri 6 Pekanbaru Provinsi Riau. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (331kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (233kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan ekstrakurikuler di SMA Negeri 6 Pekanbaru Provinsi Riau. Rumusan masalah bagaimanakah pembinaan kegiatan ekstrakurikuler Seni Tari Mak Inang di SMA Negeri 6 Pekanbaru Provinsi Riau. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analisis dengan menggunakan data kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara pendekatan terhadap objek yang diteliti, subjek penelitian yaitu 6 orang siswa dan 1 orang Pembina. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan data observasi non partisipan, wawancara dan dokumentasi.Menurut Poerwadarmita pembinaan adalah suatu usaha, tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara berdaya guna berhasil guna untuk memperoleh hasil yang lebih baik. Berdaya guna maknanya adalah segala sesuatu dapat diselesaikan dengan Tepat, Cepat, Hemat dan Berhasil guna tentunya dengan teknik dan kemampuan yang dimiliki. Sementara berhasil guna bermakna segala sesuatu sampai pada tujuan pekerjaan yang dimaksud tanpa mengalami hambatan-hambatan, sehingga meraih prestasi tertentu. Suryosubroto mengatakan bahwa ekstrakurikuler adalah program sekolah yang terencana dilakukan di luar jam pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan ekstrakurikuler seni tari di SMA Negeri 6 Pekanbaru yang dilakukan oleh Idawati berjalan dengan baik, pembinaan tersebut bertujuan untuk mengambangkan minat dan bakat siswa agar lebih terarah dan tertata baik. Materi pokok pembinaan ini yaitu materi tari Mak Inang. Dalam pembinaan ini metode yang digunakan menggunakan metode ceramah dan demonstrasi, yaitu memberikan arahan mengenai tari Mak Inang, lalu siswa yang sudah lebih dahulu tergabung di ekstrakurikuler tari mengajarkan kepada adik kelasnya dengan dibawah pengawasan Pembina. System penilaian berdasarkan hasil pengamatan langsung oleh Pembina yang dinyatakan secara kualitatif dengan skor A, B, C, D, dan rata-rata skor secara keseluruhannya ialah nilai B. Walaupun sarana dan prasarana kurang memadai hanya menggunakan musik dari speker, laptop, namun kegiatan ekstrakurikuler berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembinaan, Ekstrakurikuler, Tari |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | > Pendidikan Sendratasik |
Depositing User: | Furqan nafis al-azami |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 07:48 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 07:48 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4952 |
Actions (login required)
View Item |