Pratama, Puji Septian (2018) Pengaruh Berat Roller Transmisi CVT Terhadap Performence Sepeda Motor Matic Satu Silinder. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
c. ABSTRAK.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
d. KATA PENGANTAR.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
e. DAFTAR ISI.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
f. BAB I.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
g. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
h. BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
i. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) | Request a copy |
||
Text
j. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
||
|
Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) | Preview |
Abstract
Meningkatnya mobilitas masyarakat pada saat ini dan didukung dengan kurang representatifnya transportasi umum di Indonesia membuat industri otomotif mobil maupun sepeda motor berkembang dengan pesat. Dan produk dari industri otomotif yang paling diminati di Indonesia adalah kendaraan roda dua atau sering disebut dengan sepeda motor. Pada masa sekarang ini sepeda motor matic sangat cocok untuk dipakai karena tidak perlu lagi memindahkan gigi karena sudah otomatis. Pada sepeda motor matic menggunakan sistem transmisi otomatis yang disebut dengan cvt (continuously variable transmission). Perbedaan dasar cvt dibandingkan dengan pemindah tenaga lain adalah cara meneruskan torsi atau daya dari mesin ke roda. Pada penelitian ini dilakukan penggantian variasi berat roller dengan berat 14gr, 18gr (standart), dan 10gr. Dengan variasi berat yang berbeda ini yang nantinya akan diteliti lebih lanjut tentang dampak perubahan performa yang dihasilkan. Diharapkan modifikasi ini mampu meningkatkan performa mesin yang optimal. Dari penelitian yang telah dilakukan antara variasi berat roller adalah roller 10gr menghasilkan daya yang lebih besar (9,9 HP) daripada roller 18gr (8,8 HP) dan 14gr (9,5 HP). Pada penelitian konsumsi bahan bakar (fc), roller 14gr dan 18gr memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih irit daripada roller 10gr pada putaran 5000rpm. Sedangkan pada penelitian konsumsi bahan bakar spesifik efektif (sfce), pada putaran 5000rpm roller 10gr memiliki konsumsi bahan bakar spesifik efektif paling tinggi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Roller, CVT, Performa, Sistem Transmisi |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | > Teknik Mesin |
Depositing User: | T Ida Adriani |
Date Deposited: | 09 Dec 2021 03:32 |
Last Modified: | 09 Dec 2021 03:32 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4926 |
Actions (login required)
View Item |