Analisa Variasi Diameter Main Jet Dan Pilot Jet Pada Karburator Terhadap Unjuk Kerja Mesin Sepeda Motor Type Supra X 125

Nugraha, Alwi (2018) Analisa Variasi Diameter Main Jet Dan Pilot Jet Pada Karburator Terhadap Unjuk Kerja Mesin Sepeda Motor Type Supra X 125. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
3. abstrak.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB III.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB IV.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DATAR PUSTAKA5.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

Motor bakar adalah alat yang berfungsi untuk mengkonversikan energy thermal dari pembakaran bahan bakar menjadi energy mekanis, dimana proses pembakaran berlangsung di dalam silinder mesin itu sendiri sehingga gas pembakaran bahan bakar yang terjadi langsung digunakan sebagai fluida kerja untuk melakukan kerja mekanis. Banyak faktor yang mempengaruhi peforma motor bakar seperti posisi jarak celah elektroda busi, campuran bahan bakar dan masih ada faktor lain yang mempengaruhi performa suatu motor bakar. Salah satu faktor yang mempengaruhi peforma motor bakar selain yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu variasi diameter pilot jet dan main jet pada karburator. Dalam teori fungsi katub gas (throttle valve) sebagai pengatur jumlah campuran udara dan bahan bakar yang akan masuk ke silinder, semakin besarnya bukaan katup gas maka semakin banyak campuran udara yang akan disuplai ke silinder motor bakar. Pengujian menggunakan variasi main jet dan pilot jet mempengaruhi unjuk kerja motor bensin. Dimana pada setiap pengaplikasian main jet dan pilot jet yang bervariasi menghasilkan unjuk kerja yang berbeda. Unjuk kerja Motor bensin dengan variasi Main jet dan Pilot jet yang paling baik diperoleh pada Main jet 75 dan Pilot jet 35 pada 6000 Rpm dengan Torsi 10,37 Nm, Daya 8,8 HP dengan pemakaian bahan bakar 0,7104 kg/kWh, pemakaian bahan bakar spesifik 0,105 kg/kWh, dengan pemasukan kalor 8,42 kW dan efesiensi thermal 0,8.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Motor Bakar Bensin,Main Jet dan Pilot Jet, Performance mesin
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: > Teknik Mesin
Depositing User: T Ida Adriani
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:32
Last Modified: 09 Dec 2021 03:32
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4924

Actions (login required)

View Item View Item