Peningkatan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Seni Budaya (Tari Saman) Melalui Metode Drill Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 5 Kampar Kiri Hilir Kecamatan Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar Provinsi Riau Tahun Ajaran 2017/2018

Sari, Jepnia Mayang (2018) Peningkatan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Seni Budaya (Tari Saman) Melalui Metode Drill Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 5 Kampar Kiri Hilir Kecamatan Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar Provinsi Riau Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Kampar Kiri Hilir dengan menggunakan metode drill dalam pembelajaran seni budaya(tari saman). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang ditempuh dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2018. Subjek penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 5 Kampar Kiri Hilir dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Pengumpulan data penelitian ini diperoleh melalui kuis dan tes praktik untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Sedangkan untuk melihat aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan penggunaan metode drill pada pembelajaran seni budaya (tari saman) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Kampar Kiri Hilir Kecamatan Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar Provinsi Riau Tahun Ajaran 2017/2018. Hal tersebut diketahui dari jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat pada tes kognitif siklus I (50%) yaitu 15 siswa, pada Siklus II (90%) yaitu 27 siswa. Pada tes afektif siklus I (56.67%) yaitu 17 siswa, pada siklus II (90%) yaitu 27 siswa. Pada tes praktik siklus I (46,67%) yaitu 14 siswa, pada siklus II (93,33%) yaitu 28 siswa dari 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian menggunakan metode drill pada pembelajaran seni budaya (tari saman) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar Provinsi Riau Tahun Ajaran 2017/2018

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Drill (Latihan), Hasil Belajar
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:28
Last Modified: 09 Dec 2021 03:28
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4892

Actions (login required)

View Item View Item