Peningkatan Hasil Belajar Seni Budaya (Tari Lenggang Patah Sembilan) Melalui Metode Tutor Sebaya Di Kelas VIII.5 SMP N 1 Koto Gasib Kabupaten Siak Provinsi Riau Tahun Ajaran 2017/2018

Rahmadanni, Elvina (2018) Peningkatan Hasil Belajar Seni Budaya (Tari Lenggang Patah Sembilan) Melalui Metode Tutor Sebaya Di Kelas VIII.5 SMP N 1 Koto Gasib Kabupaten Siak Provinsi Riau Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam meteri pembelajaran Tari Lenggang Patah Sembilan melalui Metode Tutor Sebaya di Kelas VIII.5 SMP N 1 Koto Gasib Kabupaten Siak Provinsi Riau Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbentuk Deskriptif Kuantitatif yaitu mengamati dan meningkatkan hasil belajar mengajar di kelas. Data diambil melalui 2 siklus yaitu sekitar 1 bulan lamanya tergantung kemampuan belajar yang telah diperoleh. Pada saat tes awal persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada ranah kognitif , ranah afektif dan ranah psikomotorik adalah 45,45%, 50% dan 40,90%. Penilaian yang dilakukan pada siklus 1 mengalami peningkatan, persentase ketuntasan klasikal pada siklus 1 adalah 59,09% ranah kognitif, 68,18% ranah afektif dan 72,72% ranah psikomotorik. Ketuntasan klasikal pada siklus 1 masih terdapat siswa yang di bawah KKM sekolah yaitu 75. Selanjutnya pada siklus II ketuntasan klasikal penilaian tes kognitif adalah 90,90%, afektif adalah 90,90% dan tes psikomotorik adalah 86,36%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Metode Tutor Sebaya pada pembelajaran Tari Lenggang Patah Sembilan dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama di kelas VIII.5 SMP N 1 Koto Gasib Kabupaten Siak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Hasil Belajar, Metode Tutor Sebaya
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 07 Dec 2021 08:10
Last Modified: 07 Dec 2021 08:10
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4858

Actions (login required)

View Item View Item