Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya (Musik Pianika) Melalui Metode Drill Di Kelas VII 2 SMP Negeri 4 Siak Hulu Tahun Ajaran 2017/2018

Sari, Diana (2018) Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya (Musik Pianika) Melalui Metode Drill Di Kelas VII 2 SMP Negeri 4 Siak Hulu Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang ditempuh dalam dua siklus. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori hamalik tentang teori kemampuan dan teori roestiyah tentang metode drill. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan siswa dalam mata pelajaran seni budaya (musik pianika) mengunakan metode drill. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2018 sampai akhir Mei 2018 subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII 2 SMPN 4 Siak Hulu yang berjumlah 33 orang. Pengumpulan data dari penelitian ini diproleh dari tes kognitif, Afektif, dan psikomotorik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode drill pada pembelajaran bermain alat musik pianika dapat meningkatkan kemampuan siswa dikelas VII 2 SMP negeri 4 Siak Hulu. Dimana sebelum penerapan metode drill dapat dijelaskan bahwa pada tahap ujian coba terdapat 33 orang mendapat nilai dibawah KKM 73 dalam aspek Kognitif,KKM 78 dalam aspek Afektif dan KKM 78 dalam aspek Psikomotorik. Setelah diterapkan metode drill pada siklus I terdapat 16 orang yang berada diatas KKM dan 17 orang yang berada dibawah KKM pada aspek Kognitif, 17 orang yang diatas KKM dan 16 orang dibawah KKM dalam aspek afektif sedangkan pada aspek psikomotorik 12 orang diatas KKM dan 21 orang dibawah KKM. Kemudian pada siklus II terdapat 31 orang diatas KKM dan 2 orang dibawah KKM dalam aspek Kognitif, 19 orang diatas KKM dan 24 orang dibawah KKM dalam aspek Afektif, sedangkan pada aspek Psikomotorik 31 orang diatas KKM dan 2 orangg dibawah KKM. Sehingga dapat disimpulkan penerapan metode drill pada pembelajaran seni budaya (musik pianika) dapat meningkatan kemapuan siswa dalam bermain alat musik pianika dikelas VII 2 SMP Negeri 4 Siak Hulu.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, meningkatkan Kemampuan.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 07 Dec 2021 08:09
Last Modified: 07 Dec 2021 08:09
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4853

Actions (login required)

View Item View Item