Search for collections on Repository Universitas Islam Riau

Peningkatan Hasil Belajar Seni Budaya ( Tari Saman) Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas VIII 2 SMP Negeri 16 Pekanbaru

Hendriani, Devi (2018) Peningkatan Hasil Belajar Seni Budaya ( Tari Saman) Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas VIII 2 SMP Negeri 16 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of kata_pengantar.pdf]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (365kB) | Preview
[thumbnail of daftar_isi.pdf]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of bab1.pdf]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of bab2.pdf]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of bab3.pdf]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (583kB) | Preview
[thumbnail of bab4.pdf] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB) | Request a copy
[thumbnail of bab5.pdf] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Seni Tari Saman Kelas VIII SMPN16 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian pada penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan beberapa teknik, yaitu Teknik Observasi dan Teknik Dokumentasi. Menurut Soedarsono (1997:15) mengatakan, apabila tari dianalisa secara teliti, maka akan tampak bahwa diantara sekian banyak elemen yang terdapat di dalamnya, ada dua yang paling penting yaitu gerak dan ritme. Berdasarkan temuan penelitian hasil belajar siswa dalam mata pelajaran seni budaya (tari saman) di kelas VIII SMPN 16 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018 dapat ditingkatkan melalui metode Kooperatif Tipe Jigsaw. Hasil belajar siswa sebelum diterapkannya metode Kooperatif Tipe Jigsaw dalam pembelajaran tari hanya mencapai rata-rata 6,9 siswa yang tuntas hanya 19%, setelah diterapkannya metode Jigsaw rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 7,3( siswa yang tidak tuntas 18 orang) dan terus meningkat menjadi 8,9 pada siklus kedua.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar Tari Saman
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 07 Dec 2021 08:09
Last Modified: 07 Dec 2021 08:09
URI: https://repository.uir.ac.id/id/eprint/4850

Actions (login required)

View Item View Item