Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Permaina N Musik Tradisional Calempong Dengan Membaca Notasi Melalui Metode Inkuiri Di Kelas X Sma Negeri Pintar Kabupaten Kuantan Singingi Tahun Ajaran 2017/2018

Intan, Annisa Kasara (2018) Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Permaina N Musik Tradisional Calempong Dengan Membaca Notasi Melalui Metode Inkuiri Di Kelas X Sma Negeri Pintar Kabupaten Kuantan Singingi Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan keaktifan siswa dalam permainan musik tradisional calempong dengan membaca notasi melalui metode inkuiri. Dengan metode inkuiri ini siswa lebih memacu pemahaman dalam setiap materi yang disampaikan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dua siklus. Siklus I tediri dari 4 kali pertemuan, sedangkan siklus II terdiri atas 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3 di SMA Negeri Pintar yang berjumlah 25 orang, yang terdiri atas 6 siswa laki-laki dan 19 siswa anak perempuan. Prosedur penelitian yang dilaksanakan dalam empat langkah utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengamatan dilakukan oleh guru Seni Budaya yang mengamati siswa. Berdasarkan Hasil Penelitian data penulis maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dalam melakukan proses belajar mengajar yang dilaksanakan dikelas dengan menggunakan metode inkuiri. Sebagaimana pemahaman siswa mengalami peningkatan dari sebelum melakukan PTK yaitu mencapai ketuntasan klasikal pada siklus I tingkatan awal menjadi 65,31% kemudian kembali meningkat pada siklus II dengan metode inkuiri ketuntasan klasikal mencapai 76,08% atau dapat dikatakan pembelajaran tuntas dengan ketercapaian dalam ketuntasan diatas KKM 75. Dengan metode inkuiri ini diterapkan dalam kegiatan pembelajaran seni budaya dalam materi membaca notasi pola rime ini dapat membantu proses belajar siswa dalam permainan musik tradisional calempong dikelas X MIPA 3 di SMA Negeri Pintar Kab. Kuantan Singingi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Pendekatan Metode Inquiry.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 06 Dec 2021 08:29
Last Modified: 06 Dec 2021 08:29
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4816

Actions (login required)

View Item View Item