Perbandingan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Direct Instruction dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas VIII SMPN 21 Pekanbaru

Hartati, Yunisa Fadhillah (2018) Perbandingan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Direct Instruction dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas VIII SMPN 21 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (194kB)
[img] Text
kata_pengantar.pdf

Download (236kB)
[img] Text
daftar_isi.pdf

Download (195kB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (283kB)
[img] Text
bab2.pdf

Download (377kB)
[img] Text
bab3.pdf

Download (297kB)
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (181kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model Direct Instruction dan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas VIII SMPN 21 Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Tepatnya pada tanggal 05 Januari 2018 sampai dengan 29 Januari 2018. Adapun bentuk penelitian ini adalah penelitian komparatif yang membandingkan hasil belajar siswa pada dua kelas penelitian yaitu kelas VIII 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling purposive. Diperoleh sampelnya yaitu siswa kelas VIII 7 yang berjumlah 38 orang dan kelas VIII 8 yang berjumlah 42 orang. Data yang diperoleh dari hasil penelitian berupa data pre-test dan post-test yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif dilakukan untuk mendeskripsikan hasil rata-rata data pretest dan post-test kedua kelas tersebut. Pada kedua kelas diperoleh rata-rata hasil post-test lebih tinggi dibandingkan hasil pre-test. Selanjutnya analisis inferensial pada skor post- test diperoleh hasil dan untuk taraf signifikan 5%. Karena atau 2 diterima. Berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika melalui penerapan model Direct Instruction dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievemen Division (STAD) pada siswa kelas VIII SMPN 21 Pekanbaru. Perbedaan tersebut adalah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model Direct Instruction lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe (STAD).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perbandingan, hasil belajar matematika, model Direct Instruction, model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD).
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 06 Dec 2021 08:25
Last Modified: 06 Dec 2021 08:25
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4790

Actions (login required)

View Item View Item