Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Kelas VIII.5 SMPN 2 Siak Hulu

Wulandari, Wulandari (2018) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Kelas VIII.5 SMPN 2 Siak Hulu. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII.5 SMPN 2 Siak Hulu tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 21 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian berlangsung dari tanggal 08 November 2017 sampai dengan tanggal 30 November 2017. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan dan tes hasil belajar. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa teknik pengamatan dan teknik tes. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini berupa analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dipeoleh bahwa pembelajaran yang dilakukan guru dan siswa semangkin baik dan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran model Problem Based Learning. Selanjutnya terjadi peningkatan hasil belajar terlihat dari jumlah siswa yang mencapai KKM pada skor dasar ada 5 siswa (23,81%), pada ulangan harian I terjadi peningkatan menjadi 7 siswa (33,33%) dan pada ulangan harian II terjadi peningkatan lagi menjadi 14 siswa (66,76%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran di kelas VIII.5 SMPN 2 Siak Hulu dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok sistem persamaan linear dua variabel tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 06 Dec 2021 01:44
Last Modified: 06 Dec 2021 01:44
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4786

Actions (login required)

View Item View Item