Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII.4 SMPN 35 Pekanbaru

Dlt, Uci Lestari (2018) Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII.4 SMPN 35 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (484kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar matematika melalui Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam pembelajaran matematika kelas VIII.4 SMP Negeri 35 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 SMPN 35 Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 39 siswa dengan 20 orang perempuan dan 19 orang laki-laki. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dua siklus. Setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu perencanan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data berupa lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, Angket motivasi. Teknik pengamatan dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan angket motivasi dilakukan melalui pengisian angket moitivasi belajar matematika siswa yang dilaksanakan sesudah siklus I dan sesudah siklus II. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis data aktivitas guru dan siswa serta analisis lembar angket motivasi belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 35 Pekanbaru. Hal ini dilihat dari hasil angket motivasi belajar matematika sebelum tindakan 68,28%, sesudah siklus I 73,80% dan sesudah siklus II 75,48%. Dari hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 35 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Motivasi Belajar Matematika Siswa.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 06 Dec 2021 01:43
Last Modified: 06 Dec 2021 01:43
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4781

Actions (login required)

View Item View Item