Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII SMP

Wirdhaningrum, Tria Ardhiana (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII SMP. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan perangkat berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi kubus dan balok ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis CTL pada materi kubus dan balok yang memenuhi aspek valid dan praktis. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa RPP dan LKPD dengan pendekatan CTL. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi R&D yang melalui tahap-tahap yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validitas desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; dan (8) produk akhir. Instrumen pengumpulan data dalampenelitian ini adalah angket validasi RPP, angket validasi LKPD, angket respon guru, angket respon siswa, serta angket keterlaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner non tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh hasil kevalidan RPP sebesar 89,02% dan nilai kevalidan LKPD sebesar 76,24%. Hasil kepraktisan RPP sebesar 76,78%, hasil kepraktisan LKPD sebesar 91,76%, serta hasil keterlaksanaan pembelajaran telah terlaksana secara keseluruhan. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penelitian perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan CTL pada materi kubus dan balok Siswa Kelas VIII SMP telah menghasilkan RPP yang sangat valid dan cukup praktis, serta LKPD yang cukup valid, dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, Contextual Teaching and Learning (CTL), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan Lembar Kerja Peserta Didik.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 06 Dec 2021 01:43
Last Modified: 06 Dec 2021 01:43
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4780

Actions (login required)

View Item View Item