Pengembangan Lembar Aktiivitas Siswa (LAS) Berbasis Penemuan Terbimbing di kelas VII MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru

Saputra, Syarif Adi (2018) Pengembangan Lembar Aktiivitas Siswa (LAS) Berbasis Penemuan Terbimbing di kelas VII MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (510kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa LAS yang merupakan upaya untuk menarik minat siswa dalam belajar dan mudah dalam memahami konsep pembelajaran matematika dan menghasilkan perangkat pembelajaran yang teruji kelayakannya (valid dan praktis). Penelitian ini dilaksanakan pada Tanggal 12 Mei hingga Tanggal 19 Mei 2017 subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 MTs Muhammmadiayh 02 pekanbaru tahun ajaran 2016/2017, yang berjumlah 31 orang siswa dengan kemampuan heterogen. LAS dirancang terdiri dari 4 pertemuan pada materi jajar genjang dan belah ketupat. Pada penelitian ini mengikuti langkah penelitian pengembangan R&D, yaitu potensi dan masalah; pengumpulan data; desain produk; validitas desain; revisi desain; uji coba produk; revisi produk; dan produk akhir. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata kevalidan LAS sebesar 79,49 % dengan kriteria cukup valid. hasil kepraktisan LAS sebesar 90,54 % dengan kriteria sangat praktis yang diperoleh dari angket respon siswa. Sedangkan hasil respon guru terhadap penggunaan LAS memperoleh nilai 91,66% dengan kriteria sangat praktis Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing pada materi jajar genjang dan belah ketupat di kelas VII MTs yang teruji kelayakannya (valid dan praktis).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penelitian pengembangan, perangkat pembelajaran, penemuan terbimbing, LAS.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 06 Dec 2021 01:43
Last Modified: 06 Dec 2021 01:43
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4773

Actions (login required)

View Item View Item