Analisa Variasi Pembebanan Dinamik Pada Bodi Pesawat Terbang Dengan Simulasi ANSYS 18.1

Nurisa, T.M Andi (2018) Analisa Variasi Pembebanan Dinamik Pada Bodi Pesawat Terbang Dengan Simulasi ANSYS 18.1. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 KATA PENGANTAR.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 DAFTAR ISI.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (606kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

Fuselage merupakan struktur pesawat dimana sebagai ruang penumpang dan juga barang. Fuselage mengalami pembebanan pada saat pesawat take off, maneuver, dan landing. Salah satu pembebanan pada fuselage adalah tekanan kabin. penggunaan metode FLMs (Fibre Metal Laminates) yang digunakan untuk menahan jalur perambatan retak yang terjadi akibat beban, sehingga beban akan terjadi pada komposit dan merambat ke alumunium secara signifikan retakan yang terjadi pada komposit akan mengurangi dampak pada alumunium. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan life cycle, equivalent alternating stress, safety factor, dan fatigue sensitivity untuk beban variasi yaitu 1000 kg, 4000 kg, 6000 kg dan 8000 kg. Variasi beban yang diperoleh diambil berdasarkan persamaan hoop stress yaitu 8359,5 kg. Penelitian ini menggunakan software Autodesk Inventor dan ANSYS workbench 18.1. dimana permodelan dibuat pada Autodesk Inventor dan simulasi dilakukan dengan software ANSYS 18.1. model dibuat menggunakan metode FLMs dengan 11 lapisan material Alumunium 7075-T6 dan Composite Epoxy Carbon Woven kemudian beban divariasikan. Hasil penelitian menujukkan bahwa life cycle berkurang dengan bertambahnya beban. Sehingga dengan metode FLMs untuk Alumunium 7075-T6 dan Composite Epoxy Carbon Woven Preperg, umur fatik yang aman didapat 8.341x104 cycle dengan alternating stress 262.6 MPa pada beban 6000 kg pada beban 6000 kg drafik fatigue sensitivity masih menunjukkan cycle 104 pada beban 100%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Fatigue, FLMs, Metode Elemen Hingga
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: > Teknik Mesin
Depositing User: T Ida Adriani
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:52
Last Modified: 03 Dec 2021 02:52
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4771

Actions (login required)

View Item View Item