Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Permainan Tradisional Melayu Riau Di Sekolah Dasar

Putri, Sri Puja Yulita (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Permainan Tradisional Melayu Riau Di Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Permainan tradisional merupakan hasil budaya yang besar nilainya bagi anak. Dengan mengaitkan permainan dalam pembelajaran matematika membuat peserta didik belajar lebih nyata sehingga mencapai tujuan kurikulum 2013 dan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika Realistik(PMR) berbasisi Permainan Tradisional melayu Riau yang valid dan praktis. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan modifikasi R&D sehingga menjadi beberapa tahap yaitu: (1) Potensi dan Masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Desain Produk; (4) Validitas Desain; (5) Revisi Desain; (6) Uji Produk; (7) Revisi Produk; dan (8) Produk Akhir. Uji coba produk ini dilaksanakan di kelas III dengan jumlah siswa 13 orang dan kelas IV dengan jumlah siswa 12 orang SDN 002 Kinali dengan. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi RPP, Lembar validasi LKPD, angket respon peserta didik, dan angket keterlaksanaan pembelajaran.. Dari hasil penelitian diperoleh hasil validasi RPP sebesar 84,82% dengan kriteria kevalidan cukup valid. Sedangkan hasil kepraktisan LKPD 82,69% dengan kriteria kevalidan cukup valid. Sedangkan hasil kepraktisan LKPD sebesar 87,36% diperoleh dari angket respon siswa dengan kriteria sangat praktis, serta rata-rata hasil keterlaksanaan pembelajaran sebesar 87,5% dengan kriteria sangat praktis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini mengahasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada materi sudut dan segi banyak di kelas III dan kelas IV di SDN 002 Kinali teruji kevalidan dan kepraktisannya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Matematika Realistik (RME), Permainan Tradisional Melayu Riau
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:51
Last Modified: 03 Dec 2021 02:51
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4767

Actions (login required)

View Item View Item