Pengaruh Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MA Babunnajah Kampar

Karlinasari, Siti (2018) Pengaruh Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MA Babunnajah Kampar. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MA Babunnajah Kampar tahun pelajaran 2017/2018 pada materi Trigonometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan metode eksperimen semu dan menggunakan desain Untreated Control Group Design With Pretest-and Posttest dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X MA Babunnajah Kampar. Sampel dipilih dengan teknik simple random sampling atau yang dikenal dengan sampel acak sehingga terpilih kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, teknik dokumentasi, teknik penilaian autentik dan teknik observasi. Sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes, lembar observasi dan dokumentasi berupa video dan foto. Tes hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan dianalisis dengan menggunakan analisis data statistik deskriptif dan analisis data statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian analisis data deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar posttest siswa kelas eksperimen (X IPA 1) = 70,32 dan kelas kontrol (X IPA 2) = 62,26. Selanjutnya, berdasarkan analisis data uji-t diketahui bahwa thitung = > ttabel = 1,684 dengan taraf = 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MA Babunnajah Kampar yang berarti hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran kontekstual lebih baik dari hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar Matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:49
Last Modified: 03 Dec 2021 02:49
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4765

Actions (login required)

View Item View Item