Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Swasta Bina Siswa

Saputri, Rizki Isnani (2018) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Swasta Bina Siswa. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (606kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA2 SMA Swasta Bina Siswa pada materi Peluang tahun ajaran 2018/2019, melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 SMA Swasta Bina Siswa yang berjumlah 28 orang siswa dengan 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2018 sampai dengan 04 Oktober 2018. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran yang terdiri dari Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS). Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar pengamatan dan tes hasil belajar. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik non-tes dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data tentang aktivitas guru dan siswa (Kualitatif), analisis data hasil belajar (Kuantitatif), analisis ketercapaian kriteria ketuntasan minimum (KKM), analisis rata-rata hasil belajar, dan analisis keberhasilan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbaikan proses pembelajaran pada siklus I dibandingkn sebelum dilakukannya tindakan, begitu juga dengan perbaikan proses pembelajaran pada siklus II yang mengalami perbaikan dibandingkan siklus I. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus I meningkat dibandingkan skor dasar, begitu juga dengan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II yang meningkatkan dibandingkan siklus I. Rata-rata nilai siswa pada skor dasar 66,57, siklus I 74,64, dan siklus II 80,75. Jumlah siswa yang mencapai KKM 80 Pada skor dasar sebanyak 6 siswa, siklus I sebanyak 12 siswa dan siklus II sebanyak 19 siswa atau dalam bentuk presentase 21,43%, 42,86% dan 67,86%.Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA2 SMA Swasta Bina Siswa tahun ajaran 2018/2019 khususnya pada materi peluang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar Matematika.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:25
Last Modified: 03 Dec 2021 02:25
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4757

Actions (login required)

View Item View Item