Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 6 Pelalawan

Sari, Rina (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 6 Pelalawan. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dalam pembelajaran matematika kelas VII SMPN 6 Pelalawan pada materi pokok garis dan sudut. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 6 Pelalawan tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 18 orang siswa dengan 5 orang laki-laki dan 13 orang perempuan dengan karakteristik dan kemampuan heterogen bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Pengambilan data berlangsung pada tanggal 15 Januari sampai dengan 12 Februari 2018 yang terdiri dari 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan (sesuai dengan RRP dan membagi LKS), pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes dan teknik pengamatan. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif antara lain aktivitas guru dan siswa. Sedangkan analisis data kuantitatif berupa tes hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbaikan proses pembelajaran dan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 6 Pelalawan. Hal ini terlihat dari hasil tes belajar matematika sebelum tindakan dilakukan adalah 33,83% , sesudah siklus I 46,25, dan sesudah siklus II 63,75%. Dari hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 6 Pelalawan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar Matematika Siswa.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:23
Last Modified: 03 Dec 2021 02:23
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4752

Actions (login required)

View Item View Item