Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII.6 SMPN 35 Pekanbaru

Dalimunthe, Nurmewani (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII.6 SMPN 35 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam pembelajaran matematika kelas VIII.6 SMPN 35 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.6 SMPN 35 Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 37 siswa dengan 19 orang perempuan dan 18 orang laki-laki. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik pengamatan dan teknik tes hasil belajar siswa.Teknik pengamatan dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan teknik tes dilakukan melalui ulangan harian 1 dan ulangan harian 2. Hasil pengamatan dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan analisis nilai perkembangan individu siswa dan penghargaan kelompok pada UH 1 dan UH 2 serta analisis ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari skor dasar ke ulangan harian 1 dan ulangan harian 2. Jumlah siswa yang tuntas pada skor dasar yaitu 6 orang atau 16,22% meningkat pada ulangan harian 1 yaitu 18 orang atau 48,65% dan pada ulangan harian 2 meningkat menjadi 23 orang atau 62,16%. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII.6 SMPN 35 Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif, tipe Jigsaw, hasil belajar matematika.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:20
Last Modified: 03 Dec 2021 02:20
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4745

Actions (login required)

View Item View Item