Dalimunthe, Nurmewani (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII.6 SMPN 35 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (444kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (235kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam pembelajaran matematika kelas VIII.6 SMPN 35 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.6 SMPN 35 Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 37 siswa dengan 19 orang perempuan dan 18 orang laki-laki. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik pengamatan dan teknik tes hasil belajar siswa.Teknik pengamatan dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan teknik tes dilakukan melalui ulangan harian 1 dan ulangan harian 2. Hasil pengamatan dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan analisis nilai perkembangan individu siswa dan penghargaan kelompok pada UH 1 dan UH 2 serta analisis ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari skor dasar ke ulangan harian 1 dan ulangan harian 2. Jumlah siswa yang tuntas pada skor dasar yaitu 6 orang atau 16,22% meningkat pada ulangan harian 1 yaitu 18 orang atau 48,65% dan pada ulangan harian 2 meningkat menjadi 23 orang atau 62,16%. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII.6 SMPN 35 Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran kooperatif, tipe Jigsaw, hasil belajar matematika. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 03 Dec 2021 02:20 |
Last Modified: | 03 Dec 2021 02:20 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4745 |
Actions (login required)
View Item |