Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA1 SMA Negeri 1 Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi

Nurmalia, Nurmalia (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA1 SMA Negeri 1 Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (487kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match yang dilaksanakan pada bulan April 2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Sentajo Raya yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa dan angket motivasi belajar. Tindakan pengamatan dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan angket motivasi belajar disebar sebanyak tiga kali yakni sebelum tindakan, setelah siklus I dan setelah siklus II. Berdasarkan data yang diperoleh dari angket motivasi secara keseluruhan didapat motivasi siswa sebelum tindakan adalah 68,10%, sedangkan motivasi setelah siklus I adalah 72,47% dan setelah siklus II adalah 76,38%. Proses pembelajaran di kelas menunjukan perbaikan dan guru tidak lagi menjadi satuu-satunya sumber dalam belajar, siswa memperhatikan saat guru menerangkan pembelajaran dan keaktifan siswa di kelas sudah mulai meningkat. Dari hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Make A Match, Motivasi Belajar Matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:20
Last Modified: 03 Dec 2021 02:20
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4744

Actions (login required)

View Item View Item