Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Model Penemuan Terbimbing Pada Materi Bangun Datar Segi Empat Belah Ketupat Dan Layang-Layang Kelas VIIB SMP Negeri 1 Pagaran Tapah Darusalam

Saputri, Mona (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Model Penemuan Terbimbing Pada Materi Bangun Datar Segi Empat Belah Ketupat Dan Layang-Layang Kelas VIIB SMP Negeri 1 Pagaran Tapah Darusalam. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (678kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan suatu perangkat pembelajaran matematika yang teruji kelayakannya. Dimana perangkat pembelajaran yang akan dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) dengan metode pembelajaran Penemuan Terbimbing. Pengembangan perangkat pembelajaraan ini menggunakan model modifikasi R & D (Research and Development)sehingga menjadi beberapa tahap yaitu, (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi disain; (5) revisi desain; (6) uji coba pemakaian; (7) revisi produk. Validator perangkat pembelajaran ini terdiri dari satu orang dosen matematika FKIP UIR dan dua guru matematika. Uji coba dilaksanakan dikelas VIIB SMP Negeri 1 Pagaran Tapah Darusalam Rokan Hulu, instrumen peneliti ini adalah lembar validasi RPP dan LAS, lembar kepraktikalitas respon siswa, lembar kepraktikalitas aktivitas guru dan lembar kepraktikalitas aktivitas siswa. Hasil uji coba penelitian ini diperoleh dengan tingkat kevalidan RPP sebesar 89,16% dengan kategori sangat valid, dan hasil validasi LAS sebesar 90,41% dengan kategori sangat valid, kepraktisan respon siswa sebesar 89,20% dimana siswa menilai positif terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan kategori sangat praktis. Hasil penelitian dan pembahasan telah dihasilkan perangkat pembelajaran dengan penemuan terbimbing pada materi belah ketupat dan layang-layang kelas VIIB SMP N 1 Pagaran Tapah Darusalam Rokan Hulu yang teruji kelayakannya dengan memenuhi kategori sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode penemuan terbimbing.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 02 Dec 2021 08:25
Last Modified: 02 Dec 2021 08:25
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4734

Actions (login required)

View Item View Item