Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Cerita Rakyat Melayu Riau di Sekolah Dasar

Nurkholisah, Heni (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Cerita Rakyat Melayu Riau di Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (361kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang teruji kelayakannya. Jenis penelitian ini adalah R&D menggunakan modifikasi Plomp dengan beberapa fase yaitu: (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi atau kontruksi, (4) Tes, evaluasi dan revisi, (5) implementasi. Subjek pada penelitian ini yaitu Kelas VI SD Negeri 002 Benteng dengan jumlah siswa sebanyak 13 orang. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) berbasis cerita rakyat melayu Riau. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi RPP, lembar validasi LKS, angket kepraktisan RPP (respon guru), angket kepraktisan LKS (respon siswa), serta angket keterlaksanaan pembelajaran. Dari hasil penelitian diperoleh hasil validasi RPP sebesar 83,04% dengan kriteria kevalidan cukup valid dan hasil kepraktisan RPP sebesar 86,11% dengan kriteria kepraktisan sangat praktis. Sedangkan hasil validasi LKS sebesar 83,77% dengan kriteria kevalidan cukup valid dan hasil kepraktisan LKS sebesar 84,55% dengan kriteria cukup praktis, serta rata-rata kerterlaksanaan pembelajaran sebesar 91, 66% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan perangkat pembelajaran dengan PMR berbasis cerita rakyat melayu Riau teruji kelayakannya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Cerita rakyat melayu Riau, Pendekatan Matematika Realistik.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 02 Dec 2021 07:48
Last Modified: 02 Dec 2021 07:48
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4713

Actions (login required)

View Item View Item