Penerapan Model Pembelajaran Problem based learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Rengat Barat

Agsya, Feni Maisyaroh (2018) Penerapan Model Pembelajaran Problem based learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Rengat Barat. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan aktivitas serta hasil belajar matematika siswa kelas VIIIa SMP Negeri 2 Rengat Barat melalui penerapan model Problem Based Learning. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIa SMP Negeri 2 Rengat Barat tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar pengamatan, lembar angket dan lembar tes hasil belajar. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa teknik non-tes dan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pembelajaran yang dilakukan guru dan siswa semakin baik dan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran Problem Bassed Learning. Selanjutnya, terjadi peningkatan aktivitas siswa secara keseluruhan dari sebelum tindakan ke siklus I dan dari Siklus I ke siklus II (58,97%; 66,41%; 73,21%). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan jika dilihat dari siswa yang mencapai nilai KKM pada skor dasar, ulangan harian I dan ulangan harian II. Siswa yang mencapai KKM pada skor dasar adalah 6 orang (28,57%) dengan ratarata nilai 51,9. Pada ulangan harian I adalah 9 orang (42,85%) dengan rata-rata 59,7. Pada ulangan harian II adalah 12 orang (57,14%) dengan rata-rata 78,7. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat memperbaiki proses pembelajaran dan dapat meningkatkan aktivitas serta hasil belajar matematika siswa kelas VIIIa SMP Negeri 2 Rengat Barat tahun ajaran 2017/2018 pada materi pokok lingkaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Problem Based Learning, Aktivitas belajar, Hasil Belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 02 Dec 2021 07:46
Last Modified: 02 Dec 2021 07:46
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4710

Actions (login required)

View Item View Item