Agsya, Feni Maisyaroh (2018) Penerapan Model Pembelajaran Problem based learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Rengat Barat. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (633kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (589kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (603kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (765kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (430kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan aktivitas serta hasil belajar matematika siswa kelas VIIIa SMP Negeri 2 Rengat Barat melalui penerapan model Problem Based Learning. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIa SMP Negeri 2 Rengat Barat tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar pengamatan, lembar angket dan lembar tes hasil belajar. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa teknik non-tes dan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pembelajaran yang dilakukan guru dan siswa semakin baik dan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran Problem Bassed Learning. Selanjutnya, terjadi peningkatan aktivitas siswa secara keseluruhan dari sebelum tindakan ke siklus I dan dari Siklus I ke siklus II (58,97%; 66,41%; 73,21%). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan jika dilihat dari siswa yang mencapai nilai KKM pada skor dasar, ulangan harian I dan ulangan harian II. Siswa yang mencapai KKM pada skor dasar adalah 6 orang (28,57%) dengan ratarata nilai 51,9. Pada ulangan harian I adalah 9 orang (42,85%) dengan rata-rata 59,7. Pada ulangan harian II adalah 12 orang (57,14%) dengan rata-rata 78,7. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat memperbaiki proses pembelajaran dan dapat meningkatkan aktivitas serta hasil belajar matematika siswa kelas VIIIa SMP Negeri 2 Rengat Barat tahun ajaran 2017/2018 pada materi pokok lingkaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Problem Based Learning, Aktivitas belajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 07:46 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 07:46 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4710 |
Actions (login required)
View Item |