Zahara, Wahdina (2018) Penerapan Model Pembelajaran Proyek (Project Based Learning Untuk Meningkatkan Krativitas Belajar Dan Minat Berwiausaha Siswa Kelas X IPS 2 SMA YLPI Pekanbaru Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (285kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (172kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di kelas X IPS 2 SMA YLPI Pekanbaru semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Model pembelajaran merupakan suatu cara yang digunakan oleh guru dengan tujuan untuk membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan adalah guru memilih model pembelajran berbasis project based learning adalah model yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam pengumpulan dan mengintregasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalaman beraktivitas. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar dan minat berwirausaha siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X IPS 2 SMA YLPI Pekanbaru. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas PTK. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi observasi, rubrik penilian dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisi deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan kreativitas belajar dan minat berwirausaha siswa kelas X IPS 2 dalam pembelajaran kewirausahaan merupakan salah satu variabel yang diamtin pada pelaksanaan model pembelajaran proyek. Siklus I diperoleh nilai rata-rata dari pertemuan I dan II sebesar 57,50 % artinya kreativitas belajar siswa dianggap sedang. Dalam siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 91,67% artinya kreativitas belajar siswa sangat tinggi. Secara keseluruhan pada siklus II diperoleh nilai 86,67% artinya krativitas belajar pada siklus II dikatagorikan tinggi.Persentase respon siswa menyeluruh terhadap minat berwirausaha dengan kriteria tertarik yaitu 74,51%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa cukup tertarik terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran proyek (project based learning) dan bagi mereka cukup mudah memahami pembelajaran kewirausahaan. Persentase respon siswa termasuk ke dalam kategori Rendah sebanyak 8 siswa, kemudian yang termasuk ke dalam kategori Sedang sebanyak 19 siswa, dan di kategori Tinggi sebanyak 5 siswa. dari 26 pernyataan angket yang di isi oleh 32 siswa minat berwirausaha mereka lebih terlihat dikatagori Sedang 72 – 77 sebanyak 19 siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proyek (Project Based Learning), Kreativitas Belajar, Dan Minat Berwirausaha |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | > Pendidikan Ekonomi Akuntansi |
Depositing User: | Furqan nafis al-azami |
Date Deposited: | 30 Nov 2021 02:00 |
Last Modified: | 30 Nov 2021 02:00 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4663 |
Actions (login required)
View Item |