Penerapan Metode Cooperatif Tipe Jigsaw dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Kelas X SMA Datuk Batu Hampar Pekanbaru

Silaban, Tri Nengsih (2018) Penerapan Metode Cooperatif Tipe Jigsaw dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Kelas X SMA Datuk Batu Hampar Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Datu Batu Hampar Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran Cooperatif Tipe Jigsaw dengan menggunakan Media Gambar. Penelitian ini dilakukan di SMA Datuk Batu Hampar Pekanbaru dan dimulai dari tanggal 17 April 2018 sampai dengan tanggal 08 Mei 2018. Pada penelitian ini, penulis menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka penulis menerapkan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Jigsaw dengan Media Gambar. Instrument pengumplan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar ekonomi, dan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes dan teknik pengamatan. Sebelum melakukan penerapan Cooperatif Tipe Jigsaw dengan Media Gambar, penulis melakukan tes yang disebut sebagai tes sebelum tindakan dan setelah dilakukan penerapan Cooperatif Tipe Jigsaw dengan Media Gambar maka tes juga dilakukan pada pertemuan kedua. Bebtuk tes dalam penelitian ini yaitu tes esai yang berjumlah 10 pertanyaan. Rata- rata hasil tes siswa sebelum tindakan adalah 52 dan setelah melakukan penerapan Cooperatif Tipe Jigsaw dengan Media Ganbar, nilai siswa mengalami penimgkatan pada UH I dan UH II dari skor dasar. Presentase ketuntasan pada skor dasar adalah 10% (2 siswa), pada UH I 20% (4 siswa), Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperatif Tipe Jigsaw dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Datuk Batu Hampar Pekanbaru Khususnya pada materi konsep manajemen tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Cooperatif Tipe Jigsaw, Media Gambar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 30 Nov 2021 01:59
Last Modified: 30 Nov 2021 01:59
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4661

Actions (login required)

View Item View Item