Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Lerning (Pbl) Dengan Media Kartu Masalah Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 3 Tapung

Andri, Ryan (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Lerning (Pbl) Dengan Media Kartu Masalah Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 3 Tapung. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung atau tidak penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media kartu masalah terhadap kemampuan analisis siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Tapung. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMA Negeri 3 Tapung. Sampel yang diambil adalah kelas X IPA 3 sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 4 sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh menggunakan tes pilihan ganda dan esai, selanjutnya di analisis dengan menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil pengujian homogenitas dan normalitas terdapat data yang di dapat dari kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah homogenitas dan berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data akhir diperoleh nilai t hitung = 2,185 > t tabel = 1,998. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media kartu masalah terhadap kemampuan analisis siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Tapung.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Lerning (PBL), Media Kartu Masalah, Kemampuan Analisis Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 30 Nov 2021 01:57
Last Modified: 30 Nov 2021 01:57
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4645

Actions (login required)

View Item View Item