Syahputra, Pitri Roma (2018) Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa di SMK Kansai Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (280kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (168kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Guru menyampaikan tujuan, pokok-pokok pembelajaran, melaksanakan diskusi kelompok, memberikan motivasi belajar dan kesimpulan pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMK Kansai Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilakukan dua pertemuan dimulai dengan tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan pembelajaran berdasarkan masalah dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi/pengamatan. Analisis data dilakukan dengan perbandingan antara hasil tes pada siklus I dan siklus II dengan teknik deskriptif. Artinya dari data yang diperoleh dalam penelitian ini disajikan apa adanya kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan gambaran mengenai fakta yang ada dan mendeskripsikan sesuai dengan fenomena. Sedangkan untuk mengukur prestasi belajar siswa menggunkan sistem rata-rata kelas pada hasil evaluasi tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi dan keaktifan belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Kansai Pekanbaru dalam pembelajaran ekonomi mengalami peningkatan, hasil yang ditunjukkan dari (1) berdasrkan hasil observasi keaktifan siswa diproleh informasi bahwa adanya peningkatan pada kegiatan visual siklus I 37% dan siklus II 74%, pada kegiatan lisan siklus I 46% dan siklus II 61%, pada kegiatan emosional siklus I 59% dan siklus II 74%, pada kegiatan mental siklus I 62% dan siklus II 68%, pada kegiatan menulis siklus I 68% dan siklus II 75%. (2) peningkatan nilai rata-rata siswa sebelum tintakan adalah 53,75%. Kemudian setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan pembelajaran berdasarkan masalah pada siklus I meningkat 37,12% dari 53,75% menjadi 63,12% dan pada siklus II meningkat 15,63% dari 63,12% menjadi 78,75%. (3) peningkatan nilai rata-rata kelas (ketuntasan secara klasikal) sebelum tindakan ke siklus I ke siklus II sebelum tintakan adalah 35,29%. Kemudian setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan pembelajaran berdasarkan masalah pada siklus I meningkat 14,71% dari 35,29% menjadi 50% dan pada siklus II meningkat 31,25% dari 50% menjadi 81,25%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | > Pendidikan Ekonomi Akuntansi |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 29 Nov 2021 01:21 |
Last Modified: | 29 Nov 2021 01:21 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4633 |
Actions (login required)
View Item |