Keterampilan Menjelaskan Guru Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Budhi Luhur Pekanbaru

Fahri, Fajar (2018) Keterampilan Menjelaskan Guru Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Budhi Luhur Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengembang kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan bangsa indnesia. Dalam dunia pendidikan Keterampilan Guru bukanlah istilah asing yang dikenal dengan istilah Keterampilan Dasar Mengajar (general teaching skills), Meskipun secara umum keterampilan mengajar di kelas bukan hanya melihat pada kompetensi paedagogik namun lebih mengarah pada kompetensi secara umum yang diaplikasikan di kelas sehingga siap tranformasikan oleh guru pada peserta didik. Kompetensi secara umum merupakan seperangkat kemampuan atau keterampilan yang dimiliki dengan prinsif aktualisas diri yang dilakukan dengan konsep berkelanjutan dan relevansi. Sedangkan,Keterampilan Dasar Mengajar merupakan suatu karakteristik umum dari seseorang yang berhubungan dengan pengetahuan yang dikombinasikan dengan pengalaman serta cerminan yang diwujudkan melalui tindakan dalam proses belajar mengajar yang dilakukan dengan konsep berulang-ulang dan relevansi. Penelitian ini bertujuan mendapatkan informasi dan gambaran. keterampilan menjelaskan guru pada mata pelajaran ekonomi di SMA Budhi Luhur Pekanbaru dilihat dari a) kejelasan, b) penggunaa ncontoh/ilustrasi, c) penekanan, d) cara mengorganisir, e) balikan. Metode penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian deskriftif dimaksud untuk menguji hipotesis tertentu, tetapi hanya menggambarkan “apa adanya” tentang suatu variabel, gejala atau keadaan. Lokasi penelitian ini di SMA Budhi Luhur Pekanbaru, yaitu sebanyak 20 sampel. Berdasarkan hasil penelitian, pengumpulan data dan interpretasi data, dapat disimpulkan sebagai berikut: tentang keterampilan menjelaskan guru dilihat dari kejelasan 81,25%, penggunaan contoh / ilustrasi 80,93%, penekanan 80,5%, cara mengorganisir 83,5%, balikan 84,5%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menjelaskan Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 24 Nov 2021 09:03
Last Modified: 24 Nov 2021 09:03
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4608

Actions (login required)

View Item View Item