Pengembangan Modul Berbasis Imtaq Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTS

Rahmasari, Ida Fitri (2018) Pengembangan Modul Berbasis Imtaq Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTS. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (671kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis Imtaq pada materi pokok sistem pencernaan untuk siswa kelas VIII SMP/MTs. Penelitian ini merupakan Penelitian Pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pengembangan modul ini dilakukan dengan beberapa tahap yaitu, Analisis, Perancangan, dan Pengembangan. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan teknik purvosive sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh sampel sebanyak 30 orang siswa dari tiga sekolah, yaitu SMPN 4 Pekanbaru, SMP 1-5 Kartika Pekanbaru, dan SMPN 14 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi oleh ahli Imtaq, ahli pembelajaran, ahli materi, dan guru, serta melihat respon siswa terhadap modul yang dikembangkan dengan melakukan uji coba kelayakan terbatas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah berupa produk cetak yaitu modul Biologi berbasis Imtaq pada materi pokok sistem pencernaan. Hasil validasi oleh ahli pembelajaran menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 100%. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 94,79%. Hasil validasi oleh tiga orang guru yang mengajar Biologi menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 100%. Modul yang dikembangkan ini mendapat tanggapan sangat layak dari siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata respon siswa dari tiga sekolah dengan rata-rata persentasi 94,88% (sangat Valid). Berdasarkan hasil validasi dari ahli Imtaq, Ahli Pembelajaran, Ahli Materi, Guru Biologi dan uji coba terbatas terhadap siswa diperoleh produk berupa modul Biologi berbasis Imtaq pada materi pokok sistem pencernaan untuk siswa kelasVIII SMP/MTs yang sangat Valid (layak) untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Modul, Imtaq, Sistem Pencernaan.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: > Pendidikan Biologi
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:53
Last Modified: 24 Nov 2021 07:53
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4480

Actions (login required)

View Item View Item