Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ulangan Harian Bahasa Indonesia Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Tanah Putih Tahun Ajaran 2018/2019

Sari, Winda (2018) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ulangan Harian Bahasa Indonesia Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Tanah Putih Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (498kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Motivasi merupakan tenaga pendorong bagi seseorang agar memiliki energi atau kekuatan yang melakukan sesuatu dengan penuh semangat. Motivasi sebagai sesuatu kekuatan yang mampu mengubah energi dalam diri seseorang dalam bentuk aktivitas nyata untuk mencapai suatu tujuan yang tertentu. Judul penelitian ini “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ulangan Harian Bahasa Indonesia Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Tanah Putih Tahun Ajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan, menganalisis, dan menginterprestasikan tentang pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar ulangan harian bahasa Indonesia siswa kelas XII IPS SMAN 1 Tanah Putih. Teori yang penulis gunakan adalah Sardiman (2014), Dimyati dan Mudjiono (2013), Djamarah (2008) dll. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya suatu hubungan tersebut. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu motivasi belajar ( variabel X) dan hasil belajar ( variabel Y). Hasil penelitian ini adalah terdapatnya pengaruh yang rendah antara motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 0, 32, nilai tersebut diambil dari hasil belajar 3672 dan hasil belajar 1690. Nilai 0, 32 tersebut berkategori rendah, dilihat dari skala nilai korelasi produck moment yaitu berkisar antara 0,20-0,40. Sumbangan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar diperoleh sumbangan sebesar 1,02 %. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi bahwa terdapat pengaruh yang rendah antara motivasi belajar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas XII IPS SMAN 1 Tanah Putih tahun ajaran 2018/2019 dapat diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: > Pendidikan Bahasa Indonesia
> Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 12 Nov 2021 02:42
Last Modified: 12 Nov 2021 02:42
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4214

Actions (login required)

View Item View Item