Reza, Puput (2018) Analisis Soal Bahasa Indonesia Ujian Semester Ganjil Kelas VIII MTs Masmur Pekanbaru Tahun Pelajaran 2017-2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
bab3.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (306kB) | Preview |
Abstract
Mata pelajaran bahasa Indonesia tidak hanya digunakan pada saat ujian semester ganjil dan semester genap saja, tetapi digunakan juga pada ujian nasional sebagai penentu keberhasilan siswa dalam menamatkan pendidikan. Jadi, soal yang dibuat harus sesuai dengan kaidah penulisan soal yang baik. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian ini untuk melihat kemampuan guru di Mts Masmur Pekanbaru dalam membuat soal ujian semester ganjil. Hal ini yang membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang Analisis Soal Bahasa Indonesia Ujian Semester Ganjil Kelas VIII MTs Masmur Pekanbaru Tahun Pelajaran 2017/2018. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penulisan kaidah soal pilihan ganda pada soal bahasa Indonesia Ujian Semester Ganjil Kelas VIII MTs Masmur Pekanbaru Tahun Pelajaran 2017/2018 pada aspek materi, dan aspek bahasa?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan materi penulisan soal Bahasa Indonesia ujian semester Ganjil Kelas VIII Mts Masmur Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018, mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan bahasa penulisan soal Bahasa Indonesia ujian semester Ganjil Kelas VIII Mts Masmur Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018. Sumber data penelitian ini adalah naskah soal ujian Semester Ganjil Kelas VIII MTs Masmur Pekanbaru Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 50 butir soal. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif sedangkan metode yang digunakan yaitu metode preskriptif. Pada bagian menganalisis data penulis menggunakan beberapa teori yang relevan yaitu Kunandar Penelitian Autentik (Penilain Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) 2014, Nurgiyantoro 2014, Arikunto 2013, dan Depdiknas 2008. Hasil penelitian ini ditinjau dari penulisan aspek materi soal sudah mengacu kepada kaidah-kaidah penulisan soal yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan skor penilaian pada aspek materi terdapat nilai yang baik sekali yaitu 85,71 berkategori baik sekali, kemudian nilai 57,14 berkategori cukup. Skor tersebut menandakan bahwa masih dikatakan soal yang baik. Hanya saja nilai pada aspek materi 57,14 termasuk hipotesis diterima. Selain itu, nilai yang baik hipotesis bisa dikatakan ditolak. Pada penulisan aspek bahasa yaitu 100, 85,71, dan 71,42. Soal sudah dinyatakan baik. Namun, masih terdapat beberapa soal yang belum sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Pada aspek bahasa nilai 71,42 termasuk hipotesis diterima. Nilai tertinggi hipotesis ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penulisan aspek materi soal, dan aspek bahasa soal dinilai berdasarkan rubrik dan dikatakan baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Soal, Bahasa Indonesia, dan Ujian Semester Ganjil |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 04:00 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 04:00 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4165 |
Actions (login required)
View Item |