Nurhayati, Nurhayati (2018) Analisis Soal Mid Semester Kelas VII di SMP Negeri Se- Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (449kB) | Preview |
|
Text
bab3.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (373kB) | Preview |
Abstract
Tidak semua guru mengerti dan memahami bagaimana seharusnya membuat soal mid semester yang baik dan benar, diketahui bahwa guru hanya mengambil soal pertanyaan dari sumber lain seperti buku paket yang belum tentu sesuai dengan kaidah penulisan soal yang benar, dan soal mid semester yang disusun guru belum sesuai dengan dimensi pengetahuan dan proses kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis dimensi pengetahuan dan proses kognitif Soal Mid Semester Kelas VII di SMP Negeri Se-Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir. Berdasarkan latar belakang masalah, maka masalah penelitian ini dibatasi dan difokuskan pada: analisis soal mid semester kelas VII di SMP Negeri Se-Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir berdasarkan dimensi pengetahuan dan kognitif. Landasan teori yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah teori Anderson dan Krathwohl. Penentuan sumber data dilihat dari populasi yang berjumlah 4 orang guru bahasa Indonesia. Sehubungan dengan kecilnya jumlah populasi, maka seluruh populasi ditetapkan sebagai sampel (sampel jenuh). Metode penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) dilihat dari dimensi pengetahuan maka taksonomi dalam Soal Mid Semester Kelas VII di SMP Se Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir, dari 47 soal yang disusun guru bahasa Indonesia terdapat 14 soal yang termasuk pengetahuan faktual, 27 soal termasuk pengetahuan konseptual, dan 6 soal termasuk pengetahuan prosedural. Sedangkan pengetahuan metakognitif tidak terdapat dalam soal mid semester kelas VII SMP Negeri se Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir. 2) jika dilihat dari dimensi kognitif maka taksonomi dalam Soal Mid Semester Kelas VII di SMP Se Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir, maka dari 47 soal yang disusun guru bahasa Indonesia terdapat 7 soal yang termasuk C1 (Mengingat), 25 soal termasuk C2 (Memahami), 2 soal termasuk C3 (Mengaplikasikan), 4 soal termasuk C4 (Menganalisis), dan 9 soal termasuk C5 (Mengevaluasi), serta C6 (Mencipta) tidak terdapat sama sekali dalam soal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Soal Mid Semester. |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Furqan nafis al-azami |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 03:47 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 03:47 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4159 |
Actions (login required)
View Item |