Analisis Pencapaian Kurikuler Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Man 3 Kampar

Saputri, Ria (2018) Analisis Pencapaian Kurikuler Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Man 3 Kampar. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
bab2.pdf

Download (338kB)
[img] Text
kata_pengantar.pdf

Download (367kB)
[img] Text
daftar_isi.pdf

Download (248kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (262kB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (249kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (262kB)
[img] Text
kata_pengantar.pdf

Download (367kB)
[img] Text
daftar_isi.pdf

Download (248kB)
[img] Text
bab1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
bab2.pdf

Download (338kB)
[img] Text
bab3.pdf

Download (444kB)
[img] Text
bab4.pdf

Download (695kB)
[img] Text
bab5.pdf

Download (232kB)
[img] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (158kB)

Abstract

Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati Sejarah Kebudayaan Islam, yang mengadung nilainilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan, membentuk sikap, watak, dan kepribadian peserta didik, dalam proses interaksi peserta didik dengan pendidik dalam suatu lingkungan belajar yang di dalamya terdapat materi berisikan peristiwa sejarah masa lalu. Rumusan masalah bagaimana pencapaian tujuan kurikuler dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XII (Dua Belas). SedangkanPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian tujuan kurikuler dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islamn kelas XII (Dua Belas). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, penelitian ini berlokasi di MAN 3 Kampar selama 4 bulan, populasi dan sampelnya berjumlah 76 orang. Dataprimer yang digunakan adalah angket, sedangkan data sekunder berupa dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian, Teknik pengolahan data yang dilakukan dengan editing, codeting, dan tabulasi. sedangkan teknik analisis data mengunakan rumus p = . Dalam pembelajaran diperlukan adanya penunjang yang efektif, agar menjadi efektif dalam proses pengajaran bukan hanya sekedar menyampaikan isi pelajaran, tetapi juga menyampaikan pelajaran secara interaktif yaitu adanya interaksi guru dan siswa sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa pencapaian tujuan kurikuler dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 3 Kampar sudah sesuai dengan tujuan Departemen Agama RI, Peraturan Menteri Agama RI No165 Tahun 2014 dibuktikan dengan 39 % yang menjawab Sangat Setuju dan yang menjawab Setuju 45 % jika ditambahkan keduanya menjadi 84 %, sedangka yang menjawab Kurang Setuju 15% dan yang tidak Setuju 1% jika dijumlahkan keduanya menjadi 16 %, dilihat dari rekapitulasi penyajian dapat di ambil kesimpulan bahwa pencapaian tujuan kurikuler dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas XII(Dua Belas) di MAN 3 Kampar dapat di kategorikan Sangat Baik karena hasilnya 84 % terdapat pada rentang pertama yaitu 80% - 100%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tujuan Kurikuler,Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 19 Oct 2021 02:27
Last Modified: 19 Oct 2021 02:27
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/3447

Actions (login required)

View Item View Item