Strategi Guru Dalam Membentuk Peserta Didik Yang Insan Kamil Di Mtsn 5 Kampar Lipatkain Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar

Rahmini, Rahmini (2018) Strategi Guru Dalam Membentuk Peserta Didik Yang Insan Kamil Di Mtsn 5 Kampar Lipatkain Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (310kB)
[img] Text
kata_pengantar.pdf

Download (317kB)
[img] Text
daftar_isi.pdf

Download (244kB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (315kB)
[img] Text
bab2.pdf

Download (437kB)
[img] Text
bab3.pdf

Download (323kB)
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (235kB)

Abstract

Strategi guru adalah salah satu hal yang harus dipahami oleh seorang guru agar apa yang diinginkan tercapai. Apalagi untuk menghadapi pendidikan sekarang ini yang lebih menonjolkan pada aspek kognitif. Berdasarkan hasil study pendahuluan yang peneliti lakukan dengan guru PAI di MTsN 5 Kampar Lipatkain Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar ditemukan gejala sebagai berikut : peserta didik kurang disiplin,peserta didik yang masih belum bisa menjaga kebersihan, peserta didik ketika jam shalat zuhur telah tiba, peserta didik masih banyak berkeliaran dan tidak mau melaksanakan shalat berjamaah di mushola, peserta didik yang tidak masuk kelas saat bel masuk berbunyi. Masalah penelitian ini apa sajakah strategi guru dalam peserta didik yang insan kamil di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Kampar Lipatkain Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar, sesuai dengan masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam membentuk peserta didik yang insan kamil di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Kampar Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitataif. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan dengan informan 2 orang guru, dan dalam pengumpulan data penulis menggunakakan wawancara. Teknik pengolahan data dan analisis data yaitu dengan cara data reduction, data display dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data strategi guru dalam membentuk peseta didik yang insan/ kamil di MtsN 5 Kampar sebagai berikut : Pertama Melalui keteladanan, kedua ibadah Mahzoh, membiasakan berfikir positif, mengajak berdoa dan membaca surahsurah pendek, memberi motivasi dalam pembelajaran, mengajarkan ketauhidan, memberikan penjelasan tentang keseimbangan dunia dan akhirat. Meskipun dalam pelaksanaannya belum terlaksana dengan baik hal ini dikarenakan kurangnya kerja sama antara guru PAI dengan majelis guru lainnya sehingga untuk membentuk peserta didik yang insan kamil guru mengalami sedikit kesulitan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Insan Kamil.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 19 Oct 2021 02:27
Last Modified: 19 Oct 2021 02:27
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/3443

Actions (login required)

View Item View Item