Kurnia, Lusi (2018) Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Kelas X Ips Sma Negeri 1 Bunut Kabupaten Pelalawan. Other thesis, Universitas Islam Riau.
Text
abstrak.pdf Download (155kB) |
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (227kB) |
|
Text
daftar_isi.pdf Download (238kB) |
|
Text
bab1.pdf Download (330kB) |
|
Text
bab2.pdf Download (362kB) |
|
Text
bab3.pdf Download (266kB) |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) | Request a copy |
|
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (235kB) |
Abstract
Bimbingan orang tua sangat penting dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik, karena orang tua bertanggung jawab terhadap pendidikan anak. Dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, orang tua seharusnya memberikan bimbingan yang tepat yaitu dengan memberikan perhatian dari berbagai segi, seperti sekolah, kesehatan, makanan, kegiatan belajar, bermain, dan kegiatan rekreasi. Sesuai dengan studi pendahuluan diperoleh informasi ada siswa kurang mampu dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul: Pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di kelas X IPS SMA Negeri 1 Bunut Kabupaten Pelalawan. Rumusan masalah penelitian: Apakah terdapat Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar kognitif Pendidikan Agama Islam siswa dikelas X IPS SMA Negeri 1 Bunut Kabupaten Pelalawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar kognitif Pendidikan Agama Islam siswa. Jenis penelitian yaitu korelasi. Subyeknya adalah siswa kelas X IPS dan obyeknya adalah Pengaruh Bimbingan Orang Tua terhadap prestasi belajar kognitif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS berjumlah 132 orang dan sampel diambil 25% dari populasi yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dapat diketahui bahwa ada Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar kognitif Pendidikan Agama Islam siswa di kelas X IPS SMA Negeri 1 Bunut Kabupaten Pelalawan. Hal ini sejalan dengan hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,021<0,05, maka hipotesis penelitian diterima. Artinya terdapat pengaruh bimbingan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Tingkat pengaruh Bimbingan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Kognitif Pendidikan Agama Islam siswa dapat dilihat dari nilai probabilitas pearson correlation yaitu sebesar 0,171 pada interval koefisien korelasi terletak pada rentang 0,00-0,199 dan kriteria tingkat pengaruh sangat rendah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Orang Tua, Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Furqan nafis al-azami |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 02:33 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:33 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/3410 |
Actions (login required)
View Item |