Pengaruh Metode Tanya Jawab terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMPN 07 Tapung Kecamatan Tapung Kab. Kampar

Agustin, Indriana (2018) Pengaruh Metode Tanya Jawab terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMPN 07 Tapung Kecamatan Tapung Kab. Kampar. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (154kB)
[img] Text
kata_pengantar.pdf

Download (289kB)
[img] Text
daftar_isi.pdf

Download (156kB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (381kB)
[img] Text
bab2.pdf

Download (379kB)
[img] Text
bab3.pdf

Download (283kB)
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (155kB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam secara umum dimaksudkan untuk meningkatkan potensi spiritual serta membentuk siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa serta berakhlak mulia. Sekolah merupakan lembaga yang dipercaya masyarakat sebagai tempat untuk menuntut ilmu. Metode tanya jawab berpengaruh dengan minat belajar peserta didik ialah untuk mengembangkan kreatifitas berfikir peserta didik secara aktif dan sistematis serta mendapat respon, lisan dari peserta didik sehingga dapat menumbuhkan minat belajar dan pengetahuan baru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode tanya jawab ini akan menarik perhatian peserta didik dan suasana kelas menjadi aktif. Dalam studi pendahuluan yang penulis lakukan pada peserta didik kelas VII SMPN 07 Tapung guru telah menggunakan metode tanya jawab namun peserta didik kurang merespon pertanyaan guru. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh metode tanya jawab terhadap minat belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara metode tanya jawab dengan minat belajar peserta didik. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif, populasi dan sampel 52 orang, teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi, berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang telah penulis lakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan metode tanya jawab dengan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMPN 07 Tapung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Hal ini dibuktikan dengan nilai lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000<0,05 maka tingkat pengaruh metode tanya jawab dengan minat belajar peserta didik sebesar 0,730. Menurut interpretasi koefisien korelasi nilai 0,730 terletak pada interval 0,60-0,799 dengan kriteria tingkat pengaruh kuat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Tanya Jawab,Minat
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 19 Oct 2021 02:32
Last Modified: 19 Oct 2021 02:32
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/3397

Actions (login required)

View Item View Item