Pengaruh Pembelajaran Improving Learning dengan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMAN 2 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016-2017

Hartika, Anggi (2017) Pengaruh Pembelajaran Improving Learning dengan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMAN 2 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016-2017. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (176kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (239kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh langsung atau tidak pembelajaran Improving Learning dengan metode Role Playing terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 2 Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif pilihan ganda dan Benar/Salah sebanyak 25 soal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 74 siswa yaitu kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 34 orang dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 34 orang. Dalam proses pembelajaran kelas eksperimen menggunakan pembelajaran Improving Learning dengan metode Role Playing sedangkan kelas kontrol menggunakan metode Ceramah bervariasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari data pretest dan postest. Uji hipotesis menggunakan uji t (Uji kesamaan dua rata-rata). Berdasarkan hasil postest diperoleh nilai ratarata dari kelas eksperimen sebesar 79,62 dan kelas kontrol sebesar 72,86. Hasil uji hipotesis uji t menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,004 <0,05 dan thitung 3,204 > ttabel 1,666 berarti Ho ditolak Ha diterima. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pembelajaran Improving Learning dengan metode Role Playing terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 2 Pekanbaru pada Kompetensi Dasar (KD) 3.7 Mendeskripsikan Konsep Manajemen.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Improving Learning, Role Playing (Bermain Peran), Hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Ekonomi Akuntansi
> Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Mia
Date Deposited: 07 Oct 2021 08:04
Last Modified: 07 Oct 2021 08:04
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/2967

Actions (login required)

View Item View Item