Search for collections on Repository Universitas Islam Riau

Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Keterampilan Metakognitif pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tembilahan Hulu

Sepriyanto, Sepriyanto (2017) Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Keterampilan Metakognitif pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tembilahan Hulu. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 9. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
9. ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan guru pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan keterampilan metakognitif pada siswa sekolah menengah pertama negeri 1 Tembilahan Hulu. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan guru pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan keterampilan metakognitif pada siswa sekolah menengah pertama negeri 1 Tembilahan Hulu. Kemampuan yang dilakukan guru pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan keterampilan metakognitif pada siswa yaitu dengan konsep merancang kegiatan belajar, memantau kegiatan belajar, dan menilai kegiatan belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tembilahan Hulu. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa yang berjumlah 30 orang. Sementara objek dalam penelitian ini yaitu kemampuan guru pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan keterampilan metakognitif pada siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan melalui angket, observasi, dan dokumentasi dengan analisis kuantitatif deskriptif. Adapun kesimpulan dari penelitian ini yaitu dari hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kemampuan guru pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan keterampilan metakognitif pada siswa sekolah menengah pertama negeri 1 Tembilahan Hulu dapat dikategorikan “Cukup Baik” dengan perolehan 73.89% berada pada rentang 61%-80%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Habib Junaidi
Date Deposited: 04 Mar 2021 08:02
Last Modified: 04 Mar 2021 08:02
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/2241

Actions (login required)

View Item View Item