Analisis pengembangan E-Modul pengajaran bahasa pada Universitas Islam Riau

Ismail, Syofianis and Mulyadi, Mulyadi and Zaim, M. and Mukhaiyar, Mukhaiyar (2020) Analisis pengembangan E-Modul pengajaran bahasa pada Universitas Islam Riau. In: -, 24-25 September 2020.

[img] Text
Analisis Pengembangan E-Modul Pengajaran Bahasa.pdf - Published Version

Download (32kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan terhadap e-modul pada matakuliah Bahasa Indonesia untuk Universitas Islam Riau. Penelitian ini dilakukan karena belum adanya e-modul sebagai sumber belajar mandiri bagi mahasiswa Universitas Islam Riau. Hasil penelitian pengembangan yang dilakukan melalui sebuah rancangan pembelajaran dengan subjek uji coba dilakukan terhadap mahasiswa Universitas Islam Riau. Pengembangan e-modul dilihat dari hasil pengukuran validitas, kepraktisan, dan keefektifan pelaksanaan pembelajaran menggunakan konsep model ADDIE untuk mengambarkan suatu pendekatan sistematis. Semua elemen dari model tersebut memiliki keterkaitan antara satu sama dengan lainnya mulai dari Analysis, Desain, Development, Implemantion, Evaluation pada model pengembangan penelitian ADDIE merupakan langkah awal dalam membantu peneliti melakukan analysis terhadap masalah yang terjadi dilapangan. Validitas e-modul yang dikembangkan pada penelitian tergolong sangat valid. Hal ini menunjukkan bahwa aspek yang ada pada e-modul meliputi; a) aspek fisik, b) aspek kebahasaan, c) aspek materi, d) aspek sajian, e) aspek kegrafisan, f) aspek cover telah disusun lengkap sesuai kebutuhan mahasiswa untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Praktikalitas menunjukan e-modul secara umum tergolong kategori sangat praktis. Hal ini diperoleh dari hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran terhadap dosen mengajar, lembar observasi penggunaan emodul, respon dosen, serta respon mahasiswa terhadap praktikalitas e-modul memberikan gambaran bahwa e-modul dapat membantu dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Aktivitas mahasiswa secara umum sudah terlaksana dengan baik, penilaian proses keterampilan mahasiswa juga terlaksana dengan sangat efektif, sedangkan nilai ratarata capaian hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan e-modul adalah 78,14 % dengan kategori tingggi, artinya ketika proses pembelajaran berlangsung, aktivitas peserta didik sangat baik dalam memahami dan menggunakan modul yang dikembangkan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: efektifitas, modul, validitas dan Praktikalitas
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mia
Date Deposited: 11 Aug 2023 08:34
Last Modified: 11 Aug 2023 08:34
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/22329

Actions (login required)

View Item View Item