Fadly, Febby (2017) Representasi Budaya Indonesia dalam Iklasn (Analisis Semiotika pada Iklan Audiovisual Pesona Indonesia Versi "Wonderful West Pasaman"). Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
2. ABSTRAK,PERSEMBAHAN,MOTTO,KATA PENGANTAR,DAFTAR ISI,DAFTAR TABEL,DAFTAR GAMBAR DAN LAMPIRAN,.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (886kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (258kB) | Preview |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) | Request a copy |
||
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA,LAMPIRAN.pdf Download (452kB) | Preview |
Abstract
Kebudayaan adalah sebuah pola dari makna-makna yang tertuang dalam simbol-simbol yang diwariskan melalui sejarah. Kebudayaan adalah sebuah sistem dari konsep-konsep yang diwariskan dan diungkapkan dalam bentuk-bentuk simbolik melalui mana manusia berkomunikasi, mengekalkan, dan memperkembangkan pengetahuan tentang kehidupan ini dan bersikap terhadap kehidupan ini. Kebudayaan diseluruh dunia memiliki tujuh unsur dasar yang sama yaitu Bahasa, Sistem Pengetahuan, Sistem Kemasyarakatan dan Organisasi Sosial, Sistem Peralatan Hidup dan Teknologi, Sistem Mata Pencarian, Religi, dan Kesenian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik analisis semiotika dari Roland Barthes untuk mengetahui makna denotasi, konotasi dan mitos dari representasi budaya yang terdapat dalam iklan Pesona Indonesia versi Wonderful West Pasaman. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan terhadap tampilan audiovisual dari iklan Wonderful West Pasaman, dokumentasi, serta wawancara kepada pemuka adat Minangkabau. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam iklan Pesona Indonesia versi Wonderful West Pasaman terdapat representasi budaya Indonesia yang dikategorikan ke dalam tujuh bagian yaitu Bahasa, Sistem Pengetahuan, Sistem Kemasyarakatan dan Organisasi Sosial, Sistem Peralatan Hidup dan Teknologi, Sistem Mata Pencarian, Religi, dan Kesenian. Dalam iklan ini representasi budaya lebih banyak ditampilkan dalam bentuk kesenian. Kata Kunci : Representasi, Kebudayaan, Semiotika
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Representasi, Kebudayaan, Semiotika |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Febby Amelia |
Date Deposited: | 16 Feb 2021 07:31 |
Last Modified: | 16 Feb 2021 07:31 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/2174 |
Actions (login required)
View Item |